Hamasah Islam
:_Dakwah menang, Kampus Gemilang_:
bismillah Pictures, Images and Photos

cara mudah tidur berkualitas

Category: By Hamasah Islam

Cara mudah tidur berkualitas


Akhwat ikhwan fillah rakhimakumullah

Salam sehat!!

teman, pasti sekarang lagi disibukkin ma jadwal kuliah yang padet yah?? Wah apalagi semester genap kayak sekarang ini??? Wuihh.. capenya tak bisa diungkapkan juga sulit diperagakan...

Tapi gak apa-apa, kami punya tips untuk ngejaga stamina kamu sehingga badan tetap fit dan otak bisa diajak berfikir lagi dipagi harinya berarti kamu mesti tidur dengan penuh `kualitas` yang baik walaupun tidurnya cuma 4-6 jam doang.. Kamu jangan anggap remeh masalah tidur lho. Aktivitas ini kelihatannya sepele, tapi bisa bikin masalah jadi serius. Sering banget orang jadi depresi gara-gara nggak bisa tidur. Atau sebaliknya, gara-gara depresi orang jadi nggak bisa tidur. Tidur yang nggak pada tempatnya juga akan jadi masalah. Coba aja, kamu tidur saat dosen lagi ngajar. Pasti bakal kena semprot...hehe

Buat yang lagi punya masalah tidur, nggak sedikit orang yang memakai obat untuk sekedar bisa mengistirahatkan mata. Wah, ribet bgt ya... kalo nggak bisa tidur.

Ngomong-ngomong soal tidur, matiin lampu jadi luput dari perhatian kita. Situasi yang gelap diam-diam ada kolaborasinya dengan tubuh lho.. Dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh kita akan menghasilkan Melantonin. Apaan sih melantonin??


Melantonin itu hormon dalam sistem kekebalan yang bisa melawan juga mencegah berbagai penyakit. Termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Sebaliknya, kebiasaan tidur dengan lampu menyala dimalam hari, sekecil apapun cahaya lampunya akan menyebabkan produksi hormon melantonin terhenti.


Pendapat tersebut dilontarkan oleh Pakar Biologi, Joan Roberts. Beliau menguji coba pada beberapa hewan. Hasilnya, hewan yang sedang tidur dan diberi cahaya buatan pada malam hari melantoninnya turun dan kekebalan tubuhnya jadi melemah. Cahaya lampu, termasuk TV, menyebabkan hormon jadi sangat lelah.


Nah, jadi nggak salah kan matiin lampu kalo tidur. Selain menyelamatkan bumi kita dari pemanasan global juga jadi cara alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi buat kamu yang takut kegelapan, nggak usah dipaksain deh... salah-salah malah nggak bisa tidur sampe pagi...hehe Capek kan??

 

0 comments so far.

Something to say?

RECENT COMMENTS